Pangsit Goreng, Si Bakwan Rasa Ayam yang Gurih

Tuesday, March 17, 2015
Cara membuat pangsit


Pangsit Goreng, mungkin sudah tidak asing lagi bukan, di telinga kita. Terlebih bagi mereka yang sangat menyukai jajanan rumah. Pangsit goreng sering kita temukan di beberapa jajanan rumah, sebut saja, di antaranya bakwan malang, siomay dan juga batagor. Seringkali, kita menggunakan pangsit goreng menjadi bahan tambahan dalam jajanan tersebut.

Biasanya, kalau pengen pangsit goreng, saya tinggal tunggu, abang-abang bakso Malang, lewat depan rumah saya. Tapi kali ini, pangsit goreng, tidak perlu menunggu abang bakso lewat depan rumah saya. Karena rupanya, pangsit goreng ini cukup mudah untuk dibuatnya. 

Pangsit goreng, banyak disajikan di beragam menu makanan. Seperti mi ayam, bakso Malang, batagor, siomay, dan masih banyak lagi. Pangsit goreng memiliki beraneka ragam rasa. Ya, banyak rasa dari olahan pangsit goreng ini, semua tergantung selera dari yang membutanya. 

Untuk membuat bahan olahan pangsit goreng, Anda bisa memanfaatkan daging ayam, ikan tenggiri, kornet, bakso dan sebagainya. Atau, jika ingin pangsit gorengnya terasa pedas, Anda bisa menambahkannya dengan irisan cabai rawit pada olahan pangsit i
Nah, kali ini saya akan berbagi resep dan cara untuk membuat pangsit goreng yang guring dan renyah, yang bisa Anda lakukan di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan"


3 pak            kulit pangsit yang sudah siap.

150 gr          daging ayam giling
6 siung         bawang merah
3 siung         bawang putih
100 ml          air
50 gram        tepung terigu
50 gram        tepung sagu
Secukupnya  daun bawang, diiris kecil dan halus.
Secukupnya  Minyak goreng
Secukupnya  lada

Bumbu halus yang dibutuhkan:


1sdm           garam (apabila kurang ditambahkan sesuai selera)

1/2 sdt         kaldu bubuk
1 bungkus    penyedap rasa
1 sdt             gula

Cara pembuatan:


1. Siapkan kulit pangsit yang sudah Anda siapkan

2. Giling daging ikan,ayam dsb, yang sudah Anda bersihkan. Giling hingga halus, sampai tidak    terasa  kasar.
3. Campurkan bahan halus yang sudah ditumbuk seperti bawang merahm putih, lada ke dalam wadah gilingan daging ayam.
4. Setelah sudah tercampur rata dan halus, masukan tepung sagu dan terigu secara perlahan. Buatlah adonan tersbeut hingga    menjadi kalis dan enak untuk diolah.
5. Bentuk kulit pangsit di atas telapak tangan Anda, dan masukan  sedikit adonan di tengah-tengah kulit pangsit

6. Dan terakhir, bentuk kulit pangsit itu berbentuk bunga dan langsung digoreng di wajan yang panas.


7. Angkat dan sajikan



2 comments:

  1. Sbenernya saya suka dengan resepnya tp sdikit tidak setuju dengan kaldu bubuk dan penyedap rasa.mungkin kalau kita beli jadi kita ga tau ya pake apa.hanya saja kalau kita bikin sendiri, lebih baik tanpa msg. Lebih sehat buat tubuh kita. Trims

    ReplyDelete
  2. Terimakasih, masukannya Agustinne. :) Ya, untuk pemakaian bahan penyedap rasa dan kaldu itubalik lagi kepada seleranya masing-masing. Di sni juga saya hanya sedikit menambahkan penyedap rasa 1 bungkus karena yang saya buat adonannya cukup banyak hehe. Ya memang lebih baik membuat sendiri dari pada harus beli dluar yang kadang belum jelas pembuatannya seperti apa :)

    ReplyDelete