Chicken Katsu, Buatan Ala Rumahan

Wednesday, March 18, 2015



Kalian, mungkin sudah tidak asing lagi dengan makanan satu ini "Chicken Katsu". Menu makanan ini, sering ditemukan di beberapa restoran Korea dan juga Jepang. Chicken katsu menjadi menu masakan favorit Indonesia yang berasal dari Jepang. Masakan satu ini, terbuat dari berbahan dasar ayam fillet yang berkualitas. Tidak itu saja, dalam pembuatannya chicken katsu ini juga dibuat menggunakan bahan dasar tepung roti yang melapisi pada daging ayam tersebut.

Chicken katsu ini menjadi makanan cepat saji khas Jepang, yang memiliki rasa yang sangat gurih untuk dimakan. Chicken katsu juga sangat Cocok dimakan sebagai cemilan maupun sebagai lauk utama. Ada sebagian orang, mungkin bingung bukan kah sulit untuk membuat menu masakan satu ini?

Ya, saya juga baru pertama kali membuatnya. Dengan iseng-iseng nyobain bikin di rumah. Alhasil, jadi juga chicken katsu buatan ala rumahnya.

Bahan-bahan":

     2,3    kg paha ayam atau daging fillet
     2       butir Telur
    Secukupnya   garam,lada, dan juga tepung
    Secukupnya   panko/ tepung roti jepang sesuai selera.
    Secukupnya   minyak goreng

Untuk membuat sauce:

     1/3 cup (80 ml) kecap
     1/4 cangkir (60 mL) dari shoyu atau kecap
     1/4 cangkir (50 g) gula
     2 sendok teh (10 ml) saus
     1/4 sendok teh lada merah (tanah)
     1/4 sendok teh merica


 1. Pilih dan yakinkan, daging yang benar-benar tidak ada tulangnya. Bagi daging filet ini sesuai dengan ukuran dan selera Anda.

2. Dapatkan mangkuk atau kantong plastik plastik. Tempatkan remah-remah roti panko, bubuk bawang putih, tepung, merica, dan garam di dalamnya. Lumpuri setiap potongan ayam dalam campuran kering.

  
3. Lumuri dan baluri daging ayam fillet ke dalam tepung.

4. Daging yang sudah dilumuri tepung terigu, dilanjutkan dilumuri di wadang kocokan telur yang sudah disiapkan.

5. Daging ayam fillet yang sudah dilumuri oleh kocokan telur, taburi dan lumuri kembali ke tepung roti panko.

6. Cemplungkan ke dalam wajan yang sudah berisikan minyak yang panas.. Nyalakan appi dengan gas yang kecil agar daging ayam nya yang didalam amtang.

7. Angkat, siap dan Sajikan sesuai dengan selera Anda

No comments:

Post a Comment