Sisi Baik 'Dilukai' oleh Cinta

Saturday, February 25, 2017


Pernahkah Anda merasa terluka karena cinta? Hampir semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah mengalami hal ini. Penyebab terjadinya Anda dilukai oleh cinta, pada dasarnya sama. Salah satu penyebab yang membuat kamu merasa dilukai oleh cinta adalah perginya atau hilangnya orang yang sungguh kamu cintai. Bukankah begitu? 

Kondisi dimana, orang yang sungguh kamu cintai, lebih memilih untuk pergi dari kehidupanmu dengan alasan-alasan yang sangat klasik. Seperti di antaranya, dia sudah merasa tidak cocok dengan Anda, dia merasa tidak pantas dengan Anda, dia sudah merasa jenuh dan malas dengan Anda. Padahal, di belakang sana alasan tepat dia meninggalkan Anda, lantaran ada sosok yang jauh lebih baik dari Anda. 

Dia merasa ada sosok yang jauh lebih mampu memahami dirinya, lebih mampu membuat dirinya bahagia, dan yang paling penting lebih baik dari Anda dari segala sisi. Memang tidak bisa dibayangkan, bagaimana kacaunya ketika seseorang yang Anda cintai justru berpaling dan meninggalkan Anda hanya demi orang lain. Rasanya, waktu yang telah dijalani selama bertahun-tahun itu sia-sia tanpa hasil, tanpa adanya perjuangan untuk mempertahankan sedikit pun. 

Dia justru lebih memilih pergi dan menjalani hubungan dengan orang yang baru dia kenal. Dia meninggalkan dan melukaimu tanpa adanya rasa bersalah. Di tempat berbeda, justru Anda sedang menikmati kepedihan hasil dilukai olehnya. Anda merasa dunia ini tidak berpihak pada Anda, Anda juga merasa dunia ini begitu kejam pada Anda. Anda merasa menyesal, pengorbanan dan perjuangan untuk dia selama ini disia-siakan begitu saja.

Kondisi seperti inilah yang membuat Anda merasa dilukai oleh 'cinta'. Cinta memang mampu menyihir seseorang dengan waktu yang singkat. Yang awalnya bahagia karena dicintai, dan berubah menjadi pedih karena dilukai oleh cinta. Disinilah Anda merasa patah hati. Patah hati sepatah-patahnya hati. Dan merasa, tidak ada lagi orang yang mampu menyatukan patahan-patahan hati ini lagi.

Tapi, terlepas dari rasa pedih dan kecewa akibat dilukai oleh cinta, ada beberapa hal yang harus kamu syukuri dan pahami. Kira-kira apa saja? Berikut ini terdapat sisi baik dilukai karena cinta.

1. Proses Pendewasaan

Tahukah Anda saat kita merasa dilukai oleh cinta, kita lebih merasa jauh lebih dewasa dan bijak? Tidak hanya itu, banyak hal lain yang akan Anda dapatkan setelah dilukai oleh cinta. 
Ya, bahwasannya dilukai oleh cinta adalah proses pendewasaan dalam hidup. Satu hal menarik yang akan Anda dapatkan setelah dilukai oleh cinta adalah, Anda bisa menikmati setiap fase-fase dalam menyembuhkan hati. Setelah Anda merasa kecewa, pedih, dilukai, dan patah hati, disitulah Anda dapat banyak pelajaran. Pelajaran tentang bagaimana cara menyembuhkan luka tersebut, pelajaran bagaimana caranya melewati hari demi hari dengan luka tersebut, dan masih banyak lagi. Setelah Anda tahu caranya, kelak Anda tahu bagaimana caranya menyikapinya saat dilukai lagi oleh cinta. Disitu proses pendewasaan kita sedang diuji dan dilatih.

2. Lebih Kuat

Seseorang yang pernah mengalami 'dilukai oleh cinta' pasti jauh menjadi sosok yang lebih kuat dibanding mereka yang belum pernah merasakannya. Lebih kuat dalam artian, lebih mampu bertahan dalam menghadapi kekecewaan, masalah, keterpurukan yang dialaminya. Kenapa jadi lebih kuat? Ya, karena mengalami patah hati itu bukan hal mudah untuk diterima semua orang. Dan, tidak semua orang juga yang mampu bertahan dan bangkit di tengah kondisi 'hati dilukai'. Jadi, ketika di luar sana, ada hal yang membuat Anda sakit hati lagi, Anda merasa sudah siap untuk menghadapinya.

3. Mendekatkan Diri dengan Tuhan

Sudah seharusnya menyelipkan Tuhan di setiap kondisi apapun. Mulai dari kondisi bahagia, sulit, sedih, dan kecewa sekali pun. Jika Anda merasa tidak pernah menyelipkan Tuhan di setiap kondisi tersebut. Mungkin, ini sudah waktunya untuk Anda bisa melibatkan dia dalam kehidupan Anda.  Tak sedikit orang, ketika merasa kecewa langsung pergi dan meminta kepada Tuhan. Dengan lebih mendekatkan diri kepada Tuhan, suasana hati pun menjadi jauh lebih baik dan tenang. Dan, doa yang dipanjatkan pada Tuhan diharapkan mampu membuat kita mendapatkan yang jauh lebih baik lagi.

Oleh karena itu, berhentilah dari rasa ketepurukan dan kegalauan yang melanda akhir-akhir ini. Mulailah bangkit dan belajarlah untuk memperbaiki kesalahan tersebut di kemudian hari. Percayalah, bahwa segala sesuatu yang terjadi di dunia ini pasti ada hikmahnya. Termasuk, salah satunya dilukai oleh cinta dan membuatmu menjadi pribadi yang lebih baik lagi.


No comments:

Post a Comment