Kroket, Makanan Ringan yang Mengigit Lidah

Friday, January 15, 2016



Satu lagi makanan ringan yang bisa dijadikan camilan di rumah itu adalah kroket. Tahukah kalian dengan makanan ringan "kroket" ini? Memang, kroket sekilas mirip dengan makanan ringan perkedel. Hal itu lantaran bahan yang digunakan hampirlah sama dengan membuat perkedel. Hanya saja ada beberapa tambahan sayuran pada kroket ini.

Iya, kroket adalah jenis makanan yang diambil dari negara Belanda. Di Belanda itu sendiri, kroket merupakan sebuah makanan ragout yang dilapisi  dengan putih telur dan tepung panir. Tidak jauh berbeda, di Indonesia pun kroket adalah sebuah gumpalan kentang yang digoreng. Di mana dalam gumpalan kentang tersebut terdapa ragam isian yang sangat menggugah selera.

Tapi biasanya, gumpalan pada kentang ini berisikan daging cincang yang dibumbui dan dicampur dengan sayuran. Sayuran itu biasanya berupa seperti wortel atau buncis yang telah direbus.

Gumpalan kentang itu nantinya dilumuri oleh kocokan telur, tepung panir, dan putih telur sebelum Anda menggorengnya. Untuk membuat makanan ringan ini, Anda memerlukan minyak yang lumayan banyak. Hal tersebut agar menghindari tekstur lengket pada wajan Anda. Karena baluran telur yang digunakan pada kroket ini, terkadang bisa membuat wajan Anda menjadi lengket.

Sebenarnya, untuk membuat camilan ini prosesnya cukuplah mudah. Hanya saja, Anda butuh waktu luang dan kesabaran ekstra untuk lewati setiap tahap demi tahapannya.


Bahan yang digunakan;

1. 2 kuning telur ayam
2. 1000 gram kentang tes, kukus
3. 1 sendok makan mentega
4. ½ gelas tepung kentang
5. ½ sendok teh bubuk kaldu ayam siap pakai
6. 2 sendok makan susu bubuk
7. ½ sendok teh pala bubuk
8. ½ sendok teh merica bubuk
9. Garam

Untuk membuat isiannya;

1. 1 sendok makan gula pasir
2. 15 buncis,rebus
3. 2 wortel, rebus
4. 200 gram daging sapi cincang
5. 2 sendok makan bawang goreng
6. 2 sendok makan kecap manis
7. Merica bubuk secukupnya
8. Garam secukupnya


Bahan Adonan untuk Pelapis Kroket;

1 gelas tepung terigu
3 putih telur ayam
2 gelas tepung panir

CARANYA

Isian kroket
  1.   .Potong-potong halus wortel dan buncis yang telah direbus.
  2.  .Campur semua bahan, masak hingga daging matang. Cicipi terlebih dahulu, lalu tambahkan garam sesuai selera.  Jika kira-kira sudah, kemudian diangkat dan sisihkan.

Kroket

  1.   Goreng kentang hingga agak berubah warna dan kemudian tiriskan.
  2.      Haluskan dan campur dengan bahan-bahan lainnya, lalu aduk dengan rata.

Penyelesaian

  1.    Ambilah satu genggam kentang halus dan pipihkan. Bentuk sesuai yang Anda inginkan.
  2.   Taruhkan isian di tengah adonan, tutup rapat, bentuk bulat lonjong. Gulingkan kroket di atas tepung terigu, salut rata. Salut dengan putih telur dan gulingkan di atas tepung panir, salut rata. Lakukan hingga selesai.
  3.    Goreng dalam minyak panas dengan api sedang hingga berubah warna menjadi kuning kecokelatan.
  4.     Angkat dan Tiriskan.
  5.     Lalu, sajikan dengan hangat

S

1 comment:

  1. simple yah...sehat lgi....besok saya coba praktek untuk istri tercinta nih...ijin bookmark artikelnya bro...hehhee, tq

    ReplyDelete