Mencicipi Kesegaran dari Kuah Soto Gombong

Thursday, December 10, 2015



Pernakah kamu singgah di daerah Gombong? Gombong merupakan sebuah kecamatan yang ada di provinsi Jawa Tengah. Daerah ini memiliki letak yang sangat strategis, hal tersebut lantaran Gombong memiliki obyek wisata yang sangatlah berkembang. Tak hanya kaya akan wisata alamnya, Gombong juga memiliki wisata kuliner yang bisa menggugah selera penikmatnya.

Banyak kuliner menarik dan menjanjikan bisa kamu nikmati di daerah ini. Gombong yang sangat terkenal dengan produksi makanan lanting ini, membuktikan bahwa kuliner di Gombong cukup berkembang. Seperti salah satunya Soto Gombong, yang menjadi makanan favorit yang bisa kamu temukan saat berkunjung di Gombong.

Bagi kamu, yang sejenak mampir melipir ke Gombong. Tak ada salahnya, untuk sejenak menyempatkan diri menikmati makanan khas yang ada di Gombong ini. Banyak penjual soto di sepanjang pusat kota Gombong.

Mulai dari depan dan samping RSU PKU Muhammadiyah, Pasar Gombong, Jalan Yos Sudarso, di dekat gedung Gereja Kristen Jawa (GKJ) Gombong, ataupun di sepinggir jalan daerah Kalitengah. Titik lokasi inilah yang bisa membuat kamu bertemu dengan si gerobak penjual soto Gombong.


Soto Gombong jelas berbeda pada soto-soto pada umumnya, yang biasa saya temukan di Jakarta dan sekitarnya. Soto Gombong memiliki cita rasa dan ciri khas yang berbeda dari soto biasanya. Kekhasan soto Gombong terletak pada campuran gethuk ketela pada sotonya.

Barangkali hanya satu-satunya Soto di Indonesia yang dicampuri dengan gethuk. Soto Gombong ini juga dilengkapi dengan daging ayam kampung, perkedel singkong. suun, sayur kubis dan kecambah yang disajikan dalam kuah bening. Tak hanya campurannya yang membuat soto ini menggoda, tapi kriukan taburan kerupuk yang juga membuat perpaduan isi sayuran dan kuahnya yang gurih membuat penikmatnya begitu tergoda saat menyantapnya.


Untuk menyantap soto Gombong, kamu bisa dicampur dengan nasi, lontong ataupun kuah yang terpisah. Yang jelas, apapun cara penyantapnnya tidak buat kamu menyesal telah mencoba kuliner khas Gombong satu ini.








3 comments:

  1. wuih menggugah selera sotonya....

    ReplyDelete
  2. Ya, enak banget sotonya. Harus dicoba dijamin g nyesel

    ReplyDelete
  3. ada lagi yang soto dicampur gethuk asli wonosari Yogya, namanya soto Lenthuk sangat nikmat, di 200 meter dari perempatan gayam yogya arah utara sebelah kanan bila dari Pakualaman

    ReplyDelete