Resep Daging Dendeng Balado yang Gugah Selera

Monday, March 27, 2017
Daging dendeng balado

Apa makanan favoritmu di hari libur? Kalau saya sendiri, lebih menyukai daging dendeng balado. Daging dendeng balado menjadi salah satu menu favorit makanan saya. Dagingnya yang dipotong tipis-tipis dan dibuat pedas, tentu membuat siapapun yang melihatnya akan tergugah selera untuk segera menyantapnya.

Namun, bagi beberapa orang membuat daging dendeng merupakan hal sulit. Padahal, untuk membuatnya terbilang sangat mudah. Tak heran, jika kebanyakan orang lebih memilih daging dendeng balado yang dijual di restoran padang dibanding membuatnya sendiri. Lantas, tahukah Anda cara membuatnya?

Jika tidak, berikut ini kami berikan sedikit tips membuat daging balado yang menggugah selera. Kira-kira, seperti apa ya?

Bahan-bahan yang dibutuhkan

1. 600 g daging sapi tanpa lemak ( Bisa bagian paha/gandik)
2. 3 lembur daun salam
3. 1.600 ml air panas untuk merebus daging
4. 3 sdm air jeruk nipis
5. Minyak goreng secukupnya
6. Garam secukupnya
7. Gula pasir secukupnya, jika suka

Sambal Balado, Ulek Kasar

1. 10 Buah cabai merah gemuk, buang bijinya
2. 8 Butir bawang merah
3. 2 Siung bawang putih


Cara Membuat Daging Dendeng Balado

1. Rebus daging bersama daun salam dan garam hingga matang, setelah itu angkat daging. Setelah daging dingin, iris tipis-tipis sesuai seratnya dan potong selebar telapak tangan atau bisa sesuai selera


2. Goreng daging hingga kuning kecokelatan, lalu angkat. Setelah agak dingin, goreng daging untuk kedua kalinya dengan api yang kecil hingga kering berwarna cokelat. Anda dan tiriskan.

3. Sambal balado: Panaskan sekitar 100 ml minyak, masukan bumbu ulek kasar, aduk hingga harum Tambahkan garam, gula, dan air jeruk nipis. Aduk hingga rata.

4. Setelah cabai layu, matikan api. Simpan terpisah daging goreng dan sambalnya.

5. Saat akan dihidangkan, siram daging dendeng goreng dengan sambal balado

No comments:

Post a Comment