Resep Makaroni Panggang Keju yang Patut untuk Dicoba

Friday, March 24, 2017


Makroni Panggang Ala Diantarinfo

Anda suka dengan makanan-makanan berbau Italia? Italia memang banyak memiliki variasi makanan yang digemari oleh banyak orang, mulai dari pizza, lasagna, spageti, pasta, hingga masih banyak lainnya. Kalau saya pribadi lebih suka dengan makaroni panggang atau pasta panggang. Tahukah Anda apa itu makaroni panggang?

Macaroni schotel atau makaroni panggang adalah salah satu pasta yang terkenal dari italia. Makaroni panggang masuk ke Indonesia diperkenalkan oleh Belanda saat masa kolonial. Rasanya yang gurih dan mengenyangkan, tentu sangat cocok dipasangkan dengan saus tomat maupun saus sambal.

Biasanya, kita dapat menikmati macaroni schotel atau makaroni panggang, hanya di beberapa restoran khusus makaroni atau pasta saja. Tapi sekarang, kita tidak perlu lagi mahal-mahal mengeluarkan uang hanya untuk menikmati gurihnya makaroni panggang. 

Karena sekarang, kita bisa membuat makaroni panggang di rumah, tanpa mengeluarkan biaya mahal. Lantas, bagaimana cara membuatnya? Apakah sulit dalam proses pembuatanya?

Tak perlu khawatir, untuk membuat makaroni panggang terbilang cukup mudah. Bahan-bahan yang diperlukan pun juga tidak terlalu banyak. Dan berikut ini kami bagikan resep mudah membuat makaroni panggang keju dengan campuran saus bolognase. Penasaran bukan seperti apa?

Bahan-bahan yang dibutuhkan Makaroni Panggang

150 gr makaroni
150 gr daging asap, jika ingin lebih simpel gunakan kornet
135 gr keju cheddar, parut atau dipotong dadu agar lebih terasa
100 gr keju parut untuk topping
Selera keju mozarella
2sdm tepung terigu
250 ml susu cair
1sdm tepung meizina (Cairkan) (Pengganti krim keju/krim putih)
1 buah bawang bombay, iris halus
4 buah bawang putih, iris halus
2 sdm margarin
¼ btr biji pala, haluskan
¼ sdt lada
¾ sdt garam

Cara membuat Saus Bolognaese

1.Panaskan margarin, setelah itu tumis bawang putih dan bawang bombay (Ingat, bawang putih dan bombay dibagi dua untuk membuat krim putih). 
2.Ketika sudah matang, masukan daging asap orak arik hingga matang.
3.Masukan saus bolognaese sesuai selera, ingat kalau mau makin berasa. Kamu bisa menambahkan sedikit bumbu penyedap.
4. Aduh hingga bergelembung-gelembung.
5. Matikan kompor dan diamkan sejenak.


Cara membuat Saus Putih

1. Panaskan margarin, setelah itu tumis bawang putih dan bawang bombay (Ingat, bawang putih dan bombay dibagi dua untuk membuat krim putih)
2. Ketika sudah matang, masukan tepung terigu. Aduk hingga keduanya menyatu. 
3. Setelah sudah meletup-letup, barulah masukan susu cair ultra putih ke dalam panci secara  perlahan.
4. Aduk hingga rata dan jangan biarkan menggumpal. Sembari itu, Anda bisa masukan pala, lada, garam, dan sedikit bumbu penyedap rasa.
5. Ketika sudah tercampur rata, masukan sedikit tepung meizina yang sudah dicairkan.
6. Ketika sudah mulai sedikit mengental, masukan parutan keju sesuai selera Anda.
7. Matikan kompor dan diamkan sejenak.

Cara membuat Makaroni Panggang

1. Rebus makaroni hingga 3/4 matang agar tidak terlalu lembek, beri sedikit minyak goreng supaya tidak lengket. Angkat dan tiriskan.

2. Setelah itu, campur rebusan makaroni tersebut ke dalam bumbu saus bolognaese. Aduh hingga tercampur rata, dengan api yang sedikit kecil.

3. Siapkan mangkuk anti lengket dan api untuk meletakan adonan makaroni. 
4. Oleskan mangkuk dengan saus putih yang sudah kita buat di atas. Setelah itu, masukan adonan makroni yang sudah tercampur dengan saus bolognaese.
5. Setelah itu, timpa lagi dengan saus putih. Dan berikan di atas saus putih beberapa irisan keju mozarela.
6. Lakukan penimpaan tersebut hingga mangkuk penuh.
7. Setelah penuh, taburi lagi parutan keju mozarela dan keju cheddar. Dan, jangan lupa kamu bisa menambahkan oregano di atasnya agar lebih cantik dan menarik.

8. Kukus adonan selama 15 menit, step ini boleh dilewati karena sebenarnya adonan bisa langsung dipanggang. Karena mengukus bertujuan untuk mematangkan makaroni sedangkan memanggang berfungsi mengeluarkan aroma keju dari makaroninya. 

9. Setelah itu, masukan oven panggang selama kurang lebih 45 menit dalam oven suhu 180 derajat celcius hingga matang berwarna coklat keemasan. waktunya panggang tidak terpatok harus 45 menit karena tergantung bahan dari alat. Jika ingin makaroninya lembut waktu panggang jangan terlalu lama karena proses memanggang menyebabkan tekstur semakin keras.

10.Makaroni panggang siap disajikan bersama saus sambal dan saus tomat



-Selamat Mencoba, gaesss-

No comments:

Post a Comment