Fakta Mengejutkan Kotoran Buang Air Besar yang Harus Anda Tahu

Wednesday, March 22, 2017



Sebagian besar orang pergi ke kamar mandi, pasti ingin mandi atau buang air kecil dan besar. Nah pada pembahasan kali ini, kami akan membahas fakta mengejutkan dibalik kotoran yang dikeluarkan dari buang air besar. Buang air besar merupakan salah satu bentuk pembuangan sisa-sisa makanan dan minuman yang dikonsumsi oleh setiap manusia dan hewan.  Buang air besar juga bisa menjadi indikasi kesehatan seseorang. Selain itu, masih ada beberapa fakta lain yang harus segera kamu ketahui, terutama pada kotoran dari buang air besar Anda.

Mungkin sedikit menjijikan, namun hal ini harus diketahui agar Anda tahu kondisi kesehatan Anda saat ini seperti apa. Buang kotoran tentu sangat penting bagi kesehatan tubuh, karena itu adalah cara alami agar tubuh Anda mengeluarkan limbah. Semakin kita lancar buang kotoran kita, semakin sehat juga pencernaan kita. 

Memang, tampilan dan aroma bau kotoran tidak enak untuk dipandang.  Tapi, Anda harus tahu bahwa, tampilan dan bau kotoran dapat memberikan petunjuk untuk mengatahui apa yang terjadi dalam tubuh Anda. Tidak jarang orang tahu, jika ternyata ada fakta mengejutkan dari kotoran yang kita keluarkan terhadap kesehatan kita. 

Tekstrur dari Kotoran

1. Benjolah keras terpisah, seperti kacang.

Anda harus lebih banyak minum air dan konsumsi buah-buahan dan sayuran. Tekstur kotaran ini menandakan Anda kurang serat dan kekurangan cairan.

2. Berbentuk sosis, halus, dan lembut

Ini adalah tanda bahwa tubuh Anda baik-baik saja.

3.Berair, tidak ada potongan padat, semua kotoran cair.

Ini adalah kasus diare. Hal ini mungkin disebabkan oleh beberapa jenis infeksi. Anda harus minum lebih banyak cairan untuk mengganti cairan yang hilang.

4.Berbentuk sosis dan padat

Hal ini tidak terlalu serius untuk kesehatan Anda, tetapi Anda harus tetap memuat cairan dan serat untuk tubuh.

5.Gumpalan lembut

Ini normal jika Anda buang kotoran beberapa kali sehari.

6.Berbentuk sosis, tapi sedikit retak di beberapa bagian

Kondisi kotoran seperti ini sangat normal. Tapi keretakan yang ada di kotoran,menunjukkan bahwa Anda harus tetap mengonsumsi banyak air.

7. Potongan halus sedikit kasar di bagian tepi, dan memiliki tekstur lembek

Jenis kotoran seperti ini masih dalam batas yang normal. Tapi, tekstur seperti ini hampir mengarah pada kondisi diare.

8. Yang terakhir, kotoran dengan tekstur yang lembut

Ini menandakan jika tubuh Anda tidak menyerap lemak dengan baik. Hal ini disebabkan lantaran, terlalu banyak minyak dalam tubuh. Tubuh Anda tidak dapat menyerap dengan benar. Hal tersebut terjadi, karena pankreas kronis.

Warna dari Kotoran

1.Cokelat

Jika kotoran Anda berwarna cokelat, maka Anda fin. Kotoran berwarna coklat, karena empedu yang diproduksi di hati Anda.

2. Hijau

Mungkin Anda sudah makan banyak sayuran berdaun hijau atau pewarna makanan hijau. Makanan tersebut mampu membuat kotoran Anda keluar melalui usus besar dengan terlalu cepat.

3. Kuning

Jenis kotoran dengan warna seperti ini menunjukkan bahwa, Anda kelebihan lemak. Hal ini karena gangguan malabsorpsi, seperti penyakit celiac.


4. Hitam

Ini menandakan bahwa, Anda mengalami perdarahan internal, karena ulkus atau kanker. Ini mungkin disebabkan oleh beberapa vitamin yang mengandung zat besi atau bismuth subsalicylate. Anda harus ke dokter segera, jika Anda khawatir tentang hal ini.

5. Berwarna terang, putih atau tanah liat berwarna

Ini bisa berarti obstruksi saluran empedu. Hal ini dapat disebabkan oleh beberapa obat-obatan. Anda harus ke dokter, jika kotoran yang Anda keluarkan seperti ini.

6. Bernoda darah atau merah

Jika Anda melihat darah dalam kotoran Anda, itu bisa menjadi gejala kanker. Periksalah segera ke dokter, jika Anda menemukan darah dalam tinja Anda.

Fakta Tentang Kotoran

1. Makanan yang Anda konsumsi biasanya memakan waktu 1-3 hari, dari waktu Anda makan itu sampai berakhir di kotoran Anda.
2. Kotoran terdiri dari bakteri, makanan yang tidak tercerna, sel-sel mati, dan lendir.
3. Kotoran sehat tenggelam secara perlahan-lahan.

Seberapa sering Anda harus buang kotoran?

Orang-orang pergi sekali atau dua kali sehari, tetapi beberapa mungkin pergi lebih atau kurang dari yang disebutkan. 

Bagaimana menjaga kotoran sehat?

Untuk menghasilkan kotoran yang sehat, harus sering konsumsi makanan yang kaya akan serat (20-25g), minum banyak air, dan melakukan latihan rutin.  Jika Anda memiliki masalah dengan buang kotoran, serat makanan dapat membantu Anda. 

Kapan harus pergi ke dokter?

Jika Anda melihat beberapa gejala yang luar biasa dalam kotoran Anda, dan mereka terjadi secara terus-menurus, maka Anda harus mengunjungi dokter segera. Kita harus memerhatikan, apa yang terjadi pada tubuh kita saat ini.


No comments:

Post a Comment