Menghirup Udara Segar di Waduk Sempor, Gombong

Thursday, December 10, 2015


 Berkunjung ke kampung halaman, rasanya sayang sekali rasanya jika tidak menyempatkan diri untuk berkunjung ke Waduk Sempor. Kampung halaman yang berada di Gombong, Jawa Tengah, membuat saya selalu tertarik untuk menggali dan menikmati alam bebas di kota lanting ini. Jarak yang lumayan dari kediaman nenek saya di Kalitengah, Gombong menuju ke Waduk Sempor.

Waduk Sempor itu sendiri adalah salah satu obyek wisata yang lokasinya berada di Desa Sempor, keceamatan Sempor, kabupaten Kebumen, Jawa Tengah. Keberadaan lokasi ini tentu memberikan suasana berbeda dari lokasi wisata lainnya yang ada di Kebumen, Gombong.

Obyek wisata ini sendiri merupakan bendungan dari daerah Sungai Cincingguling atau yang biasa disebut dengan Sungai Sempor, yang mengalir dari timur laut ke selatan di kaki gunung Serayu Selatan dan bermuara di Samudera Hindia.

Suasana dengan udara yang sejuk dan pemandangan yang asri khas pegunungan membuat pengunjung begitu menikmati lokasi wisata Waduk Sempor.  Tak hanya itu, birunya langit yang dikelilingi perbukitan hijau pu membuat para pengujungnya merasa lebih tenang dan nyaman berada di tempat ini.

Karena hal itu juga, saya yang hanya setahun sekali datang ke kampung halaman, rasanya wajib untuk menyempatkan diri ketika berada di sini. Panorama dan pemandangan yang indah serta asri dari Wadukk Sempor ini tak sekadar untuk dinikmati para pengunjungnya saja, tapi juga menjadi bagian dari sarana irigasi untuk mengairi sawah yang ada di wilayah Gombong.

Ketika sore hari, area lokasi ini pun sangat ramai. Berjejer penjual kaki lima di area waduk. Tak hanya berjejer penjual kaki lima, tak sedikit anak muda/i pun manfaatkan udara dan suasana yang asri ini untuk menghilangkan kepenatan, baik bersama teman,keluarga, dan pasangannya.

Ya, ternyata selain bisa menikmati pemandangan indah dari perbukitan, di sini kita juga bisa menikmati sisi romantisme dari Waduk Sempor. Yang mana, waduk ini turut menyajikan romantisme yang tak biasa untuk dinikmati pasangan dan teman-teman. Suasana indah nan romantis itu bisa Anda dapatkan sebelum matahari terbit. Ditemani gemercik aliran air yang terus mengalir, suara kicauan burung-burung  merdu yang telah menanti hangatnya sang mentari.

Bagi kamu, yang kampung halamannya berada di Kebumen, Gombong dan sekitarnya, obyek wisata ini sangat cocok untuk kalian kunjungi. Tanpa perlu biaya mahal, kita bisa menikmati keindahan nan asri dari Waduk Sempor ini.  

2 comments:

  1. Keren mba... Saya di desa kemukus,selain waduk ada pantai yg bagus

    ReplyDelete
  2. Saya dari kedungampel, wonokriyo,gombong. Kangen pengin ke sempor.

    ReplyDelete