10 Jenis Makanan yang Baik Dikonsumsi dan Dihindari Saat Perut Kosong

Friday, November 11, 2016

Makan adalah hal penting yang tidak boleh dilewatkan begitu saja. Dengan mengonsumsi makanan, membuat tubuh jadi sehat dan sejahtera. Makan membuat kita bisa bertahan hidup lebih baik. Tidak hanya itu, dengan tidak melewatkan makan membuat tubuh jadi berenergi.

Makan makanan yang tepat tentu sangat baik untuk tubuh, tapi jika makan di waktu yang tidak tepat tentu hanya sia-sia. Kenapa demikian? Hal tersebut lantaran, ada beberapa makanan yang baik untuk dikonsumsi dalam waktu yang tepat. 

Tujuan dalam mengonsumsi makanan yang sehat, tidak hanya untuk kesehatan saja, tapi juga untuk menghindari yang buruk. Hal ini menjadi pelajaran untuk tubuh Anda dan mencari tahu bagaimana mengoptimalkan makanan yang Anda makan.  Ini berarti, kamu harus pahami bagaimana untuk meningkatkan pencernaan Anda dan maksimalkan penyerapan nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda. 

Dan berikut ini terdapat makanan yang baik untuk dikonsumsi dan dihindari saat perut masih kosong.


Makan 4 makanan ini pada waktu perut kosong:

1. Buah Segar

Buah adalah kelompok makanan yang sangat sehat. Hal tersebut lantaran, di dalam buah terkandung vitamin, nutrisi, serat dan air. 

Memasukkan buah dalam diet Anda menjadi solusi yang tepat. Dengan mengonsumsi buah, memungkinkan sistem pencernaan Anda untuk menuai manfaat yang lebih kuat melalui asupan vitamin dan memperbaiki pencernaan. 

Memulai hari Anda dengan buah-buahan membantu Anda mendetoksifikasi tubuh, persediaan dalam tubuh Anda dengan banyak energi fisik, dan dapat membantu dalam penurunan berat badan.

Tidak hanya itu, buah juga memberikan energi yang dibutuhkan oleh tubuh Anda.

Gula sederhana yang terkandung dalam buah perlu waktu untuk benar-benar diserap oleh tubuh Anda. Ketika buah yang dimakan dalam kondisi perut Anda kosong, semua nutrisi, serat dan gula sederhana yang terkandung dalam buah dapat lebih mudah diproses.

2. Oatmeal

Mengonsumsi oatmeal di pagi hari dan di waktu perut yang masih kosong, ternyata memiliki beberapa keunggulan.Pertama, ia akan menyediakan lapisan pada lapisan lambung, yang mampu mencegah iritasi pada tubuh secara alami, akibat asam klorida (HCL). Oatmeal juga mengandung serat larut yang dapat membantu pencernaan dan menurunkan kolesterol.

Soba dan tepung jagung dalam oatmeal juga bisa merangsang pencernaan sambil menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. 


Mereka membuang racun dan logam berat dari usus Anda dan menciptakan perasaan kenyang untuk jangka waktu yang lama.

3. Madu

Madu membantu untuk membangkitkan sistem kekebalan tubuh dan pencernaan Anda. Madu telah terbukti membantu dengan sindrom usus malas  dan masalah perut lainnya. Hal ini juga bertindak sebagai agen pembersih dengan membersihkan tubuh dari virus dan bakteri berbahaya.

4. Telur

Telur sangat baik untuk Anda dan memberikan segudang manfaat kesehatan setiap kali mereka dikonsumsi. Apa yang membuat mereka sempurna saat dikonsumsi saat perut kosong? Ya, ternyata dengan mengonsumsi telur di saat perut kosong bisa membuat Anda merasa kenyang lebih lama. 

Penelitian telah menunjukkan bahwa, ketika telur yang dimakan di pagi hari, jumlah total kalori harian yang dikonsumsi menurun dan telur juga membantu dalam pengurangan lemak.

Setelah kita tahu, makanan mana saja yang baik untuk kita konsumsi di saat perut kosong. Kita juga perlu mengetahui, makanan apa saja yang perlu dihindari saat perut kosong. Lantas apa saja?

Hindari 6 makanan ini saat perut Anda kosong:

1. Tomat

Tomat, meskipun memiliki nutrisi serta jumlah vitamin C yang tinggi. Tomat juga mengandung kadar tinggi asam tanat yang  dapat meningkatkan keasaman dalam lambung dan dapat menyebabkan tukak lambung. Mengonsumsi tomat di saat perut masih kosong itu tidak akan baik untuk kesehatan tubuh Anda. Sebaiknya, simpan tomat untuk dimakan saat malam hari dan dijadikan salad.

2. Yogurt

Alasan utama untuk menghindari makanan yogurt pada perut kosong adalah adanya bakteri asam laktat yang ditemukan dalam yogurt tidak efektif untuk tubuh. Hal tersebut lantaran, adanya keasaman yang tinggi pada asam lambung. 

3. Gula Olahan

Kita semua menyadari bahwa, terlalu banyak gula buruk bagi kesehatan tubuh Anda. Tapi apakah Anda tahu bahwa, gula yang ditambahkan ke makanan-seperti kebanyakan diproses sebagai sirup jagung fruktosa tinggi dan pemanis lainnya seperti memiliki efek yang sama pada hati sebagai minum alkohol terlalu banyak?

Gula yang ditemukan secara alami dalam buah-buahan menetral, tetapi jumlah berlebihan fruktosa-terutama pada perut kosong,  bisa sebabkan overloads hati dan dapat menyebabkan kerusakan hati. 

4. Pisang

Pisang adalah salah satu makanan diet yang paling dikenal. Ini satiates, membantu dalam menghilangkan sembelit dan dianggap oleh beberapa ahli kesehatan untuk menjadi super makanan. 

Namun, pisang mengandung jumlah tinggi magnesium dan kalium yang dapat menyebabkan ketidakseimbangan magnesium dan kalium dalam darah, jika Anda makan pisang di saat perut benar-benar kosong. 

5. Teh dan Kopi

Minum kopi saat perut kosong bisa meningkatkan keasaman, yang pada waktunya bisa menyebabkan mulas dan gangguan pencernaan sepanjang hari. Minum teh saat perut kosong juga dapat menekan sekresi asam lambung dan mengurangi empedu.

6. Alkohol

Dengan tidak ada makanan di perut, alkohol bisa berjalan langsung ke dalam aliran darah. Setelah alkohol dalam aliran darah, itu cepat didistribusikan ke seluruh tubuh, dan akhirnya bisa menyebabkan pembuluh darah melebar, penurunan sementara denyut nadi, serta tekanan darah. 

Perjalanan melalui perut, ginjal, paru-paru, hati, dan kemudian ke otak. 

http://www.lifehack.org/488728/10-foods-to-eat-and-avoid-on-an-empty-stomach-for-better-digestive-health

No comments:

Post a Comment