Pasta Saus Labu Kuning, Cara Berbeda Membuat Sajian Pasta

Thursday, October 6, 2016

Pumpkin atau dalam Bahasa Indonesia berarti labu, sayur labu di sini bukan labu berwarna hijau yang biasa digunakan untuk memasak orang Indonesia pada umumnya. Tapi, labu di sini adalah labu berwarna kuning, yang biasanya menjadi ikon pada tradisi "Hallowen". Labu berwarna kuning ini merupakan salah satu jenis tanaman yang berasal dari benua Amerika. 

Labu kuning ini memiliki tekstur kulit yang keras dengan isi yang sangat tebal. Warna kuning pada labu ini begitu pekat dengan rasa yang sangat manis. Karena rasanya yang manis, tak jarang banyak orang yang menggunakan tanaman ini sebagai olahan bahan pembuat makanan. 

Seperti membuat kue, masakan sampai minuman. Banyak jenis olahan menarik yang bisa dihasilkan dari labu kuning ini, di antaranya, puding, cake, kolak, bubur tradisional, dan juga pasta. Untuk warga Amerika sendiri, biasanya mengolah labu kuning ini menjadi sup labu kuning atau bubur labu kuning. Menarik bukan?

Biasanya, sebelum dijadikan bahan dasar pembuatan makanan, labu kuning ini lebih dulu harus dihancurkan atau dilembutkan hingga membentuk seperti jus atau bubur. Hal tersebut lantaran, labu kuning ini memiliki tekstur keras dan isinya yang begitu tebal. 

Oleh karena itu, sebelum diproses menjadi sebuah hidangan menarik dan lezat, labu kuning harus benar-benar dilembutkan. Cara melembutkan labu kuning terbilang sangat mudah. Kamu biasa melakukannya dengan cara direbus, kukus, bahkan hingga dipanggang di dalam oven selama beberapa menit.

Dari ketiga cara tersebut, saya lebih sering menggunakan dikukus dan dipanggang. Hal tersebut dikarenakan, aroma yang disajikan juga berbeda dibanding hanya direbus saja. Sebagai tambahan saja, sebelum melembutkan labu kuning ini, sebaiknya bagi labu kuning menjadi beberapa bagian. 

Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi cerita dapur dalam membuat labu kuning menjadi olahan sauce pasta. Seperti apa ya? Apa tidak aneh, jika menggunakan labu kuning menjadi bahan dasar saus pasta? 

Tentu saja tidak, justru labu kuning ini menjadi pilihan lainnya untuk kamu yang bosen membuat pasta dengan saus itu itu saja, seperti bolognaise, saus tiram, dan lain sebagainya.  Lantas, seperti apa cara pembuatanya? Dan berikut ini langkah mudah dan sederhana membuat Pumpkin Pasta Fettuccine atau Pasta Labu Kuning.

Bahan-bahan :

8-12 ons Delallo Fettuccine pasta telur (atau bisa menggunakan pasta yang lain)
2 sendok mentega
5 siung bawang putih, cincang
1 labu haluskan (kaleng labu), menggunakan labu kuning
2½ cangkir heavy whipping cream
½ cangkir parutan keju Parmesan
1 sendok teh garam laut kasar

1. Masak fettuccine sesuai dengan petunjuk pada kemasan. 
2. Panaskan mentega di atas api sedang. Tambahkan bawang putih, yang ditumis sampai lembut dan harum. 
3.Lalu, tambahkan labu dan heavy whipping cream. Didihkan sampai agak mengental. 
4. Kemudian, tambahkan keju dan aduk hingga rata

Bagaimana, mudah bukan? Caranya hampir sama dengan membuat pasta fettuccine biasanya. Hanya saja membuat Pasta Labu Kuning ini dibutuhkan waktu yang lebih lama dibanding biasanya. Hal tersebut lantaran, kita harus membuat Pumpkin Pure atau Labu Kuning yang Halus lebih dulu. 


Source: http://pinchofyum.com/

No comments:

Post a Comment