Meracik Tumis Ikan Tongkol Cabai Hijau

Thursday, January 15, 2015


Taraaaa, ini dia hasil dari saya bangun pagi di hari kamis, yang orang bilang si hari kamis itu hari yang manis. Benarkah begitu.?

Ya, menurut saya hari apapun itu manis jika dijalani dengan baik dan ikhlas. Seperti yang saya lakukan di pagi hari Kamis ini. Sebelum saya berangkat ke kantor saya mencoba untuk membuat sarapan pagi untuk saya dan adik saya. Sebenernya males sih pagi-pagi harus masak terlebih ini hari kerja. Tapi, no problem hhehe. 

Baiklah,  hari ini saya mencoba meracik bahan-bahan yang sekiranya ada di dalam kulkas saya. Dan ternyata hanya ada beberapa ikan dan sayuran-sayuran saja.  Eumm, untuk itu mugkin saya akan mencoba untuk meracik tumis cabai hijau ikan tongkol. Ya, tidak semua orang menggemari makan ini. Tapi herannya, saya suka banget dengan makanan ini. Untuk itu, saya mu berbagi resep, gimana si cara membuat makanan ini. Yuk kita mulai meracik tumis ikan tongkol cabai hijau.

Bahan-bahan :
  1. 10 cabai hijau
  2. 7 cabai rawit
  3. 1 buah tomat
  4. 3 siung bawang  merah
  5. 2 siung bawang  putih
  6. Garam halus - secukupnya 
  7. Sedikit bumbu  penyedap
  8. Sedikit irisan gula merah
  9. 3 Lembar daun salam

Cara membuatnya:
  1. Goreng terlebih dahulu ikan yang sudah Anda bersihkan dan keringkan. Goreng  beberapa ikan terlebih dahulu, agar tidak lengket dan matang hingga dalam nya. 
  2. Tumis beberapa bahan di atas dengan ukuran sedang dan miring seperti jajargenjang. Mulai dari cabai, tomat, bawang putih, dan bawang merah.
  3. Masukan bawang merah dan bawang putih ke wajan yang sudah dipanaskan dengan minyak yang panas.
  4. Setelah itu, sekirannya sudah setengah matang. Masukan perlahan cabai yang sudah diiris, dioseng-oseng hingga setengah matang terlebih dahulu.
  5. Setelah itu masukan tomat dan daun salam yang tadi sudah diiris dan disiapkan.
  6. Kemudian setelah beberapa bahan tersebut dimasukan jadi satu di wajan. Mulailah untuk memasukan ikan secara perlahan. Aduk hingga rata dan sampe matang.
  7. Tumis Ikan Tongkol Cabai Hijau sudah siap disajikan.. :)

Selamat mencoba! 









No comments:

Post a Comment