Sejuta Manfaat Mintak Ikan yang Perlu Anda Tahu

Friday, April 21, 2017
Minyak ikan

Minyak ikan memiliki banyak asam lemak tak jenuh ganda seperti omega-3 dan sterol seperti squalene. Minyak ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan secara keseluruhan dan memiliki sifat antioksidan yang kuat.  Ini juga dikenal dapat menjaga kesehatan sistem kardiovaskular. 

Meskipun telah banyak digunakan di masa lalu, dalam beberapa abad terakhir, penggunaannya tampaknya telah berkurang. Namun, dalam beberapa tahun terakhir ini, minyak ikan mulai mendapatkan kembali popularitasnya karena meningkatnya kesadaran masyarakat tentang perlunya menjalani pola hidup sehat.

Di mana, saat ini masyarakat mulai menjalankan beberapa diet sehat dan aktivitas fisik secara teratur. Tahukah Anda, minyak ikan dapat ditemukan dalam bentuk kapsul atau cair? Ya, karena rasa dan baunya yang cukup kuat, tak sedikit orang biasanya lebih memilih untuk mengonsumsi dalam bentuk kapsul.

Kapsul juga mengandung gliserida, yang komponen utamanya adalah asam palmitat, asam oleat, dan asam lemak omega-3 dan omega-6. Vitamin A dan D dalam minyak ikan memiliki kekuatan untuk meningkatkan pertumbuhan sel-sel di selaput lendir dan sel-sel kulit. Oleh karena itu, minyak ini sangat baik untuk kulit, kuku, dan rambut. 

Terlebih lagi, vitamin D memiliki kekuatan untuk mengobati kecemasan, kram kaki, dan stres dan dapat juga lebih baik penyerapan kalsium yang penting untuk kesehatan kulit dan tulang.

Asam lemak omega-3 dalam minyak ikan mencegah penyakit kardiovaskular, menurunkan kolesterol jahat, dan mengurangi kemungkinan aterosklerosis. Mereka juga dapat meningkatkan sirkulasi, menurunkan risiko pembekuan darah, dan mencegah denyut jantung tidak teratur. 

Studi juga menunjukkan bahwa, asam lemak omega-3 mengurangi risiko diabetes dan juga melindungi serabut saraf dan jaringan ikat di dalam tubuh. Banyak ahli gizi merekomendasikan, minyak ikan sebagai suplemen untuk menurunkan berat badan.

Ya, sebuah penelitian yang dilakukan di Australia menunjukkan bahwa, orang yang mengambil 6 gram minyak ikan setiap hari dan bekerja 45 menit setiap harinya memiliki profil lipid yang lebih baik daripada orang-orang yang tidak mengonsumsinya.

Jadi, aktivitas fisik dalam kombinasi dengan minyak ikan dapat meningkatkan fungsi otak dan menurunkan lemak tubuh. Banyak penelitian juga menunjukkan bahwa, satu kapsul minyak ikan per hari adalah pencegahan yang sangat baik untuk demensia.

Binaragawan juga dikenal suka menggunakan minyak ikan sebagai suplemen, karena faktanya dapat membantu otot tumbuh dan juga memelihara mereka dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan. Selain itu, ginekolog sangat merekomendasikan hal ini kepada wanita yang memiliki periode yang menyakitkan. Sedangkan, laki-laki disarankan untuk mengonsumsinya sebagai pencegahan kanker prostat. 

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk mengambil minyak ikan, selalu berkonsultasilah lebih dulu dengan dokter. Asupan yang disarankan dari kapsul minyak ikan adalah 1 sampai 2 kapsul, 2 sampai 3 kali per hari dengan makanan untuk jangka waktu satu bulan.

Orang yang memiliki masalah tiroid atau kadar tinggi vitamin D dan kalsium disarankan untuk menghindari minyak ikan. Suplemen tidak baik jika dikonsumsi saat waktu perut kosong, karena mereka dapat menyebabkan masalah pencernaan. 

Source

No comments:

Post a Comment