4 Jenis Sakit Kepala yang Sering Diabaikan

Friday, February 17, 2017


Sakit kepala merupakan salah satu penyakit yang sering muncul, ketika tubuh merasa lelah. Semua orang pasti pernah mengalami sakit kepala di beberapa titik. Sakit kepala juga bisa menjadi tanda kondisi kesehatan yang lebih serius. Oleh karena itu, jangan pernah abaikan rasa sakit kepala begitu saja. 

Ketika kepala terasa sakit, tentu hal ini sangat menjengkelkan. Sakit kepala memang begitu menyakitkan ketika datang, dan kehadirannya pun sering mengganggu aktivitas kita. Hadirnya sakit kepala, biasanya disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari tekanan emosional, lelah, belum makan, stres, dan masih banyak lainnya.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan bahwa, sekitar 47% dari orang dewasa di seluruh dunia akan mengalami sakit kepala dalam satu tahun terakhir. Selain itu, sakit kepala juga dapat menyebabkan munculnya penyakit lain.  Dan berikut ini kami bagikan 4 jenis sakit kepala yang jangan Anda abaikan, dikutip dari gonaturalcures.

1.Sakit kepala tension atau ketegangan otot.

Sebuah ketegangan sakit kepala (nyeri kepala tipe tegang) adalah jenis yang paling umum dari sakit kepala, namun penyebabnya belum dipahami dengan baik. Rasa sakit ringan sampai sedang dan memanifestasikan dirinya melalui tekanan  atau sesak di dahi.

Ketegangan otot ini bisa disebabkan oleh posisi tubuh yang kurang enak, stres sosial atau psikis dan kelelahan. Biasanya, sakit kepala tension dimulai di pagi atau menjelang sore hari. Kondisi seperti ini biasanya akan dialami sepanjang hari.

Nyeri sakit kepala sedikit hebat, dan biasanya sering dirasakan di atas mata atau kepala bagian belakang.  Rasa nyeri ini bisa menyebar ke seluruh kepala dan bahkan ke leher bagian belakang.


2.Sakit kepala sinus

Sakit kepala sinus adalah sakit kepala yang terjadi karena infeksi pada sinus (sinusitis). Anda mungkin merasakan adanya tekanan di sekitar mata Anda, pipi dan dahi. Dan, mungkin kepala Anda akan terasa berdenyut kencang. Banyak orang yang menganggap, jika dirinya miliki sakit kepala dari sinusitis. Tapi nyatanya, mereka mengalami sakit kepala migrain atau sakit kepala ketegangan.


3. Sakit kepala sebelah

Sebuah migrain dapat menyebabkan nyeri berdenyut sangat parah, biasanya hanya pada satu sisi kepala. Ini sering disertai dengan mual, muntah, dan kepekaan ekstrem terhadap cahaya dan suara. Serangan migrain dapat menyebabkan rasa sakit yang signifikan selama berjam-jam.

4. Sakit kepala Cluster

Sakit kepala cluster adalah satu dari tipe sakit kepala yang paling menyakitkan. Ciri yang mencolok dari sakit kepala cluster adalah sakit kepala ini terjadi dalam siklus.

Sakit kepala tipe ini dapat membangunkan Anda di tengah malam, karena rasa sakitnya. , Biasanya sakitnya terasa di sekitar mata atau sisi kepala Anda. Serangan sakit kepala ini dikenal sebagai periode cluster, yang dapat berlangsung dari minggu ke bulan, biasanya diikuti oleh periode remisi ketika sakit kepala berhenti. 


No comments:

Post a Comment