Ladies, Inilah 6 Posisi Terbaik Selama Kehamilan

Thursday, February 9, 2017



Mendapatkan kenyamanan saat tidur di malam hari memang bukan hal yang mudah. Begitu juga yang terjadi oleh mereka yang sedang hamil. Orang yang sedang hamil, perutnya akan lebih membesar, mereka juga sering merasakan lelah, dan kesakitan beberapa waktu. 

Tidak hanya itu, mereka juga terkadang merasakan sesak napas dan sakit maag. Mustahil rasanya, bagi wanita hamil untuk mendapatkan tidur yang nyaman dan nyeyak. Biasanya, saat malam hari, mereka akan gelisah di tempat tidur. 

Yang sering ditemukan, biasanya wanita hamil akan cemas untuk menemukan posisi tidur terbaik untuk dia dan si jabang bayi. Tapi tenang saja, berikut ini terdapat beberapa tips posisi tidur terbaik agar wanita hamil bisa merasa lebih nyama di malam hari.

1. SOS

Itulah posisi tabungan untuk sebagian besar wanita hamil. Disebut SOS, sebenarnya berarti tidur di sisi. Hal ini lebih dianjurkan untuk tidur di sisi kiri. Posisi ini memungkinkan aliran darah dan nutrisi ke perut Anda. 

Ginjal Anda juga bekerja lebih baik ketika Anda berbaring di sisi kiri. Tidak hanya itu, tidur dengan posisi ke kiri juga dapat menyingkirkan cairan ekstra dalam tubuh Anda, sehingga kaki dan tangan tidak akan bengkak keesokan harinya.

2. Gunakan Bantal

Bantal tidak hanya sekadar untuk alas kepala kita saat ingin tidur. Tapi, ternyata bantal juga dapat mengurangi tekanan pada diafragma Anda dan akan membantu Anda bernapas lebih baik di malam hari. 

Anda juga dapat menempatkan bantal di bawah perut Anda atau di antara kaki untuk mendukung perut Anda. Anda bisa menggunakan bantal klasik atau khusus bantal seluruh tubuh, yang bermanfaat untuk kehamilan Anda.
Intinya adalah untuk mendukung otot Anda dan menjaga Anda dari bergulir bolak-balik.

3.Tekuk Lutut

Ketika Anda tidur dengan mengambil sisi kiri, Anda juga bisa sembari sedikit menekuk kaki Anda di lutut. Yang mana, posisi tidur seperti ini akan memberikan dukungan tambahan untuk otot-otot di sekitar pinggul Anda. Posisi ini juga akan membantu Anda mendapatkan tulang belakang beristirahat dan mencegah sakit punggung.

4. Setengah duduk

Jika Anda tidak bisa tidur di tempat tidur. Anda mungkin bisa mencoba untuk tidur dalam posisi setengah duduk ini, jika Anda miliki kursi yang nyaman atau sofa.  Dokter mengatakan, tidak ada salahnya dalam posisi seperti itu, meskipun tidak semua orang bisa tertidur ketika duduk. Anda dapat menggunakan bantal untuk membuat diri Anda lebih nyaman. Pokoknya, tidur kursi lebih baik daripada tidak tidur sama sekali, jadi pasti pantas untuk dicoba. Terlebih lagi, setengah duduk posisi akan membantu Anda mengurangi mulas.

5. Hindari ganti posisi tidur

Ketika Anda berada di trimester kedua tidak dianjurkan untuk tidur telentang. Pertama-tama, itu tidak akan membiarkan tulang belakang Anda beristirahat dengan baik.

Kedua, itu akan menghambat aliran darah ke plasenta Anda. Dan posisi tersebut bisa meningkatkan risiko mengalami mual. Namun dalam tidur Anda, Anda tidak dapat menghindari mengubah posisi karena Anda tidak mengontrol tubuh Anda. Jadi jika Anda kebetulan bangun di malam hari berbaring pada punggung Anda - jangan khawatir. Hanya secara perlahan ke samping kiri dan tertidur lagi. Anda juga dapat menempatkan bantal di belakang Anda untuk membuat Anda di samping.


6. Jangan tidur di perut

Selamat tahap akhir kehamilan Anda, sangatlah mustahil jika Anda berbaring menggunakan perut Anda sendiri. Hal itu bisa sebabkan bahaya.Tidur di perut Anda akan membuat pernapasan Anda lebih keras dan akan meningkatkan tekanan pada rahim Anda. Itulah mengapa, Anda dan bayi Anda tidak akan merasa nyaman dalam posisi ini.

No comments:

Post a Comment