Ilmuwan Ungkap, jika Wanita Butuh Tidur Lebih Lama dari Pria

Thursday, February 16, 2017



Para ilmuwan telah mengonfirmasi bahwa, wanita memiliki struktur otak yang lebih kompleks dibanding pria. Oleh karena itu, wanita membutuhkan waktu tidur lebih banyak daripada pria.

Jim Horne, direktur Pusat Penelitian Tidur di Loughborough University menjelaskan bahwa, kualitas tidur wanita yang buruk, dikaitkan dengan tingginya tekanan psikologis, depresi, emosi, dan kemarahan. Dia juga menambahkan bahwa, gangguan perasaan tersebut sangat berbeda dari apa yang dialami oleh pria.

Horne adalah penulis buku  'A Journey melalui Science of Sleep', di mana ia mencontohkan bahwa salah satu fungsi utama tidur adalah membiarkan otak jadi rileks dan memperbaiki diri. 

Selama tidur nyenyak, bagian otak akan bertanggung jawab untuk merileksasikan pikiran. Selain itu, semakin Anda sering menggunakan otak Anda sepanjang hari, semakin dibutuhkan juga waktu tidur yang banyak.

Keunggulan wanita yang multi tasking, membuat mereka menggunakan otaknya jauh lebih keras dibanding pria. Tak heran, jika wanita lebih membutuhkan waktu tidur lebih lama dibanding pria.

Bagaimana Caranya Mendapatkan Kualitas Tidur yang Baik?

Anda bingung bagaimana caranya mendapatkan tidur yang nyenyak? Jangan khawatir, cobalah beberapa cara berikut ini dan putuskan mana yang lebih tepat untuk Anda terapkan. Karena, tidak semua orang sama.

1. Rutin Tidur - cara ini membantu otak Anda lebih rileks.

2. Hindari Makanan Perangsang -  Hindari konsumsi kafein, kakao, cokelat dan gula sebelum tidur. Hal tersebut lantaran, makanan perangsang ini dapat menyebabkan Anda insomnia.

3. Meditasi - Salah satu cara untuk membuat kualitas tidur jadi lebih baik. Dengan bermeditasi, otak Anda jauh lebih rileks. Dan bisa membuat tidur Anda jadi nyenyak.

4. Yoga - yoga sangat baik untuk mengistirahatkan tubuh. Aktivitas ini sangat dianjurkan bagi Anda yang sering menderita insomnia.








No comments:

Post a Comment