Ketogenic, Program Diet yang Harus Anda Coba

Thursday, October 6, 2016
Image result for tubuh langsing

Anda salah satu orang yang mendambakan miliki tubuh yang indah dan memesona bukan? Baru-baru ini ada gebrakan baru terkait program membuat tubuh menjadi ideal. Program tersebut adalah diet ketogenik, alias "diet keto".  Program diet satu ini telah banyak menerima pujian dari para atlet terpercaya. Sebut saja seperti salah satunya  LeBron James. 

Program diet keto ini mengharuskan Anda untuk  mengonsumsi makanan yang rendah karbohidrat, protein, dan tinggi lemak. Ketika Anda menjalankan program diet ini, tubuh Anda akan menyediakan banyak energi daripada biasanya.

Bicara diet ketogenik atau diet keto ini tidak hanya sekadar menurunkan berat badan saja, tapi juga banyak direkomendasikan oleh para dokter untuk mereka yang menderita penyakit epilepsi. Selain pasien epilepsi, metode diet ini juga banyak diikuti oleh para atlet serta binaragawan agar bisa membakar lemak di tubuh.

Sebelum memutuskan melakukan program diet ini, ada baiknya kamu mencari tahu lebih dalam tentang metode ini, mulai dari menu makanan apa saja yang diperbolehkan dan aturan-aturan lainnya. Hal tersebut lantaran untuk menghindari terjadinya risiko yang tidak kita inginkan tentang efek samping dari program diet satu ini. 

Menu makanan yang diperlukan dalam menjalankan metode ini memang terbilang ketat. Lantas, apa saja makanan yang perlu kita konsumsi dalam menjalani metode diet ketogenik? Dan berikut ini adalah daftar makanan ketogenik seperti yang dikutip dari sebuah buku berjudul The Ketogenic Diet: A Complete Guide for the Dieter and Practitioner.

1. Daging 
Daging dan ikan termasuk ke dalam menu utama diet ketogenik. Selama menjalani metode diet ketogenik, tidak salahnya kamu mengonsumsi kedua makanan ini, tapi ingat sebisa mungkin jangan ditambah nasi sebagai karbohidratnya. Karena akan membuat program diet kamu sia-sia.  Oleh sebab itu, pelaku diharuskan menyediakan bahan makanan ini dan mengonsumsinya setiap hari. Daging yang berlemak bisa kita peroleh dari daging sapi, kalkun, ayam, dan ikan. 


2. Minyak 
Penggunaan minyak di sini lebih baik jika memilih minyak zaitun. 
Minyak zaitun mengandung lemak tak jenuh yang tinggi, sehingga pelaku ketogenik dianjurkan untuk menggunakan minyak ini dalam setiap masakan mereka. Selain minyak zaitun, ada beberapa jenis minyak lainnya yang juga dianjurkan dalam ketogenik. Seperti di antaranya minak kedelai, minyak bunga matahari dan minyak jagung.

3. Sayur-sayuran

Dalam menjalankan metode diet ini, kamu hanya diperbolehkan mengonsumsi sayuran, brokoli paprika, mentimun, selada, dan asparagus. Dan jangan sesekali untuk mengonsumsi sayuran jagung, wortel, kacang polong, dan kentang. Hal tersebut lantaran, sayuran itu mengandung karbohidrat tinggi yang sangat tidak dianjurkan dalam  menjalankan diet ini.

4. Buah-buahan
Buah-buahan menjadi menu pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin miliki tubuh ideal. Kamu bisa mengonsumsi buah-buahan, untuk selingi rutinitas. Buah-buahan yang bisa kamu konsumsi, seperti pisang, jeruk, pir, pepaya.

Berikut pola makan untuk minggu pertama hingga ketiga.

 Makan Pagi
•    1 telur dadar atau rebus
•    1 potong roti gandum 
•    Segelas susu tinggi protein dan tinggi lemak.

Camilan Pagi
•    2 potong tahu atau tempe
•   1 buah pisang atau pir

Makan Siang
•    150 gram dada ayam/ ikan/ daging sapi tanpa lemak
•    8-9 sendok makan nasi merah 
•    ½ mangkuk sayuran 

Camilan Sore
•    1 potong ikan atau daging panggang
•    2 potong tahu/ tempe

Makan Malam
•    200 gram dada ayam,ikan,daging sapi tanpa lemak.

Camilan Malam
•    Segelas susu tinggi protein rendah lemak dan gula.
•    1 buah apel/ jeruk/ pir


Source: http://www.fitnessmagazine.com/weight-loss/plans/diets/keto-diet/Diet, The Ketogenic


No comments:

Post a Comment