Empat Warung Angkringan Terbaik yang Perlu Kamu Jajal

Saturday, October 15, 2016



Warung Angkringan - Apa yang terlintas dalam benakmu ketika mendengar angkringan? Tak sedikit orang pasti akan teringat dengan kota Jogja atau kampung halamannya. Angkringan atau yang biasa dikenal dengan tempat menjualnya nasi kucing ini sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya Yogyakarta. 

Ya, warung angkringan sudah sangat akrab dan dikenal oleh masyarakat, terutama masyarakat Jawa.  Pada umumnya, warung angkringan ini berupa sebuah tenda dan gerobak sederhana yang terdapat di pinggir atau pojok jalan dengan waktu operasional sore hari hingga dini hari.  

Warung angkringan menawarkan menu andalan, seperti halnya Nasi Kucing (dalam bahasa Jawa disebut Sego Kucing). Nasi kucing yang ditawarkan di angkringan juga sangat beragam, mulai dari nasi kucing biasa, nasi kucing isi orek tempe, nasi kucing isi teri sambal, nasi kucing isi telor tempe, dan masih banyak lainnya. 

Kamu bisa pilih jenis nasi kucing yang sesuai kamu inginkan. Tidak hanya menawarkan nasi kucing saja, banyak lauk pauk menarik yang bisa kamu pilih untuk pendamping makan nasi kucing kamu lho. Seperti di antaranya, aneka jenis gorengan (bakwan, tahu, dan tempe), tempa dan tahu bacem, sate telur puyuh, sate usus, sate ceker, dan lain sebagainya. Sedangkan untuk minuman, warung angkringan umumnya hanya menjual wedang jahe, susu jahe, air tawar, air jeruk, teh manis, dan kopi.

Untuk bisa menikmati makananan ala angkringan ini, kini kita tidak perlu jauh-jauh ke Jawa Tengah atau Yogyakarta. Hal tersebut dikarenakan, warung angkringan mulai menjamur di kota Jakarta dan sekitarnya. 

Mengenai rasanya, juga tidak kalah enak dan menariknya seperti yang dijual di Yogyakarta dan sekitarnya. Apa kamu rindu dengan makanan-makanan ala angkringan ini? Jika iya, tidak perlu khawatir, berikut ini terdapat deretan tempat angkringan yang bisa melepas rindu kamu dengan kampung halaman dan Yogyakarta.


1. Angkringan Ki Asem, Bekasi


Bagi kamu warga kota Bekasi, tak perlu jauh-jauh ke Jakarta atau ke Yogyakarta untuk bisa menimati nasi kucing beserta lauk pauknya. Hal tersebut lantaran, bisa kamu dapatkan di kota Bekasi. 

Di tengah-tengah kota Bekasi ada warung angkringan yang menarik perhatian warga sekitar atau orang-orang yang melintas depan warung angkringan tersebut. Apalagi kalau bukan Angkringan Ki Asem.

Tempatnya yang berada di pinggir jalan dan dekat jalan utama orang bekasi beraktivitas, buat Angkringan Ki Asem selalu ramai dikunjungi. Menu andalan yang ada di warung ini sama seperti yang ditawarkan warung angkringan pada umumnya.

Angkringan Ki Asem
Alamat  : Jl. K.H. Muchtar Tabrani, Kota Bks, Jawa Barat 17124
Buka    : 23.00-dini hari
Telepon : 0878-1260-4351

2. Kucingan Pak Gik-Semarang

Dari Bekasi pindah ke Semarang, warung angkringan masih menjadi makanan pinggir jalan favorit wong cilik. Warung ini masih menjadi tempat makan paling laris yang digemari semua kalangan, mulai dari kalangan bawah, atas, tua hingga yang muda. 

Dibuka hampir menjelang tengah malem, tak lantas buat warung angkringan ini sepi dari pengunjung. Uniknya, semakin malam justru warung angkringan ini makin ramai dan penuh dengan pengunjung. Warung angkringan Kucingan Pak Gik tidak hanya dari orang Indonesia saja, bahkan turis-turis yang sedang berkunjung ke kota Semarang juga ikut rela mengantre demi mendapatkan serta menikmati sebungkus nasi kucing milik Pak Gik ini. 

Seperti yang kita tahu sebelumnya, kucingan yang dimaksud di sini adalah nasi yang dibungkus kecil-kecil dengan daun pisang dan berisi lauk seadanya. Karena terlalu enaknya, dijamin kamu akan ketagihan menikmati nasi kucing di sini.

Kucingan Pak Gik-Semarang
Alamat  : jalan Inspeksi, Semarang Tengah.
Buka    : 23.00 – 03.00 WIB
Telepon :(024) 7479326


3. Angkringan Kopi Joss, Yogyakarta 

Ini dia kotanya warung angkringan yang harus kamu singgahi. Ketika kamu berkunjung di Yogyakarta, tidak ada salahnya untuk meluangkan waktu sejenak menikmati nasi kucing di Angkringan Kopi Joss. 

Beradi di dekat tugu patung Yogyakarta, buat warung angkringan ini selalu dihampiri masyarakat kota Jogja ataupun wisatawan yang tengah berlibur di sana. Tempatnya yang nyaman di bawah langit gelap dengan ditemani angin semilir buat kamu betah berlama-lama di sini. Apalagi, kalau kamu sambil menyantap minuman favorit di angkringan ini, yaitu Kopi Joss. 

Minuman kopi yang di dalam gelasnya diberikan sepotong kayu arang, sungguh benar-benar memuaskan jiwa dan pikiran para pengunjungnya.  Tidak hanya makanan dan tempatnya yang enak, kamu juga akan ditemani suara merdu khas pengamen jalanan.

Angkringan Kopi Joss, Yogyakarta 
Alamat   : Jalan Tugu Yogyakarta
Buka     : 17.00 - dini hari (barang dagangan habis)


4. Angkringan Fatmawati

Jujur saja, berada di pusat kota Jakarta bukan hal yang mudah mendapatkan tempat angkringan dengan rasa dan harga yang pas. Mungkin, memang banyak yang menjual nasi sego wong cilik ini, tapi dengan rasa yang enak tidak semua tempat memilikinya. Nah, hal itu bisa kamu dapatkan, saat tengah berkunjung ke daerah Fatmawati. 

Di Fatmawati, kamu bisa menemukan tempat angkringan yang benar-benar menggugah selera makan kamu. Di Fatmawati, kamu bisa merasakan nasi kucing yang benar-benar autentik dengan kota Yogyakarta. Warung makan nasi kucing ini sendiri sudah berdiri sejak 2006 yang silam. 

Menu yang ditawarkan di Angkringan Fatmawati sendiri, kini sungguh sangat beragam. Mulai dari,  sate usus, sate telur puyuh, sate ati ampela, kepala ayam, ceker, nasi tempe, nasi bandeng, dan nasi teri.  Tidak hanya itu, masih ada jenis makanan ringan seperti sosis, otak-otak, nugget, dada ayam, paha ayam, daging burung, dan rolade sapi.

Karena, variasi makanannya yang selalu berinovasi, tidak dipungkiri jika warung ini selalu ramai dikunjungi dari berbagai kalangan.

Angkringan Fatmawati

Alamat   : Jl. RS. Fatmawati Raya No. 77, Cilandak
Buka      : 17.00-05.00


No comments:

Post a Comment